Sinopsis Film The Social Network (2010) - Database Film TV & Bioskop

Minggu, 22 November 2020

Sinopsis Film The Social Network (2010)

Sinopsis film The Social Network (2010)

Judul
The Social Network
Tayang
3 November 2010
Durasi
2 jam
Sutradara
David Fincher
Pemain
Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake
Genre
Biografi | Drama
IMDb Rating
7,7/10 (616.428)
Trailer

Sinopsis #1 film The Social Network (2010)

DbFilm.web.id - "You will never make a million friends, without making a few enemies." Quote menarik film "The Social Network" ini secara tidak langsung menggambarkan premis cerita yang mengisahkan perjalanan Mark Zuckerberg dalam mendirikan situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook.

Bermula dari kekecewaan setelah diputuskan pacarnya, Mark (Jesse Eisenberg), seorang mahasiswa tingkat dua di Harvard University, menciptakan situs bernama Facemash.com. Situs tersebut memungkinkan para mahasiswa Harvard untuk memilih mahasiswi mana yang menurut mereka paling cantik. Dalam dua jam saja, Facemash.com tercatat mendapat 22 ribu hits. Namun, pihak kampus segera mulai mengetahui adanya pembobolan data mahasiswa yang dilakukan oleh Mark. Memang, Mark telah melakukan pengambilan data mahasiswi secara ilegal untuk kepentingan situs tersebut. Gara-gara perkara ini pun, Mark disidang dan mendapat hukuman 6 bulan percobaan di kampusnya.

Setelah melewati proses ini, penonton akan diajak untuk lebih mengenali karakter Mark lebih jauh. Mark, bersama teman baiknya, Eduardo Saverin (Andrew Garfield), bekerja sama untuk mematangkan dan memperluas jangkauan Facebook ke berbagai sekolah. Sang pembuat film pun bertutur melalui scene-scene menggunakan dialog cerdas dengan ritme yang cukup cepat di awal film.

Film ini pun selanjutnya dibumbui konflik. Alur cerita dibuat naik dengan kemunculan tiga tokoh lainnya, Winklevoss Brother dan Divya Narendra. Mereka adalah penggagas Harvard Connection yang menuntut Mark, atas pencurian konsep awal Facebook. Namun, duo Zuckerberg-Saverin dengan kompaknya, terus berusaha melawan tuntutan tersebut. Sayangnya, karena sesuatu hal, persahabatan mereka pun kandas dan Saverin melawan balik Zuckerberg.



Sinopsis #2 film The Social Network (2010)

DbFilm.web.id - "You don't get 500 million friends without making a few enemies."

Begitulah bunyi tagline film "The Social Network" yang tayang di Indonesia 30 Oktober 2010 lalu. Inilah biopik yang mengisahkan tentang Mark Zuckerberg (diperankan oleh Jesse Eisenberg) saat menciptakan Facebook, situs jejaring sosial terbesar di dunia sekaligus mesin raksasa pendulang uang dari dunia maya. Zuckerberg dikenal sebagai pria yang tertutup. Dia jarang berbicara dengan wartawan dan selalu tampak tidak nyaman jika tampil di depan publik.

Diadaptasi dari buku "The Accidental Billionires" karya Ben Mezrich, rencana produksi film "The Social Network" langsung menyedot perhatian publik. Tak sedikit juga yang mengkritisi dan mencibir buku ini. Soalnya, metode yang diterapkan Mezrich dalam menulis bukunya adalah dengan membuat peristiwa baru, menggabungkan karakter-karakter, dan menciptakan ulang dialog. Mezrich pun membela diri dengan mengatakan kalau bukunya ini merupakan kisah nyata dari Zuckerberg yang sebaiknya tidak diceritakan.

Wajar apabila publik menjadi sangsi, dan apalagi kemudian muncul penolakan dari Facebook dan Zuckerberg terhadap film ini. Persoalannya terletak pada sumber cerita yang dianggap tidak seimbang dan terkesan sepihak. Buku "The Accidental Billionires" memang bersandar sepenuhnya pada penuturan dari Eduardo Saverin, yang dalam film diperankan oleh Andrew Garfield, teman dekat dan manajer bisnis saat Facebook awal berdiri yang pecah kongsi dengan Zuckerberg sehingga akhirnya mengajukan tuntutan hukum.

Bagaimanapun juga, faktanya, dapat berdirinya Facebook dengan sukses seperti sekarang ini sendiri pun tidak mulus. Zuckerberg mengakui, ada masalah-masalah serius yang membuat perjalanan Facebook naik-turun selama ini. Pertama kali diciptakan di kamar asrama Zuckerberg di Harvard University tahun 2004 lalu, hingga kini Facebook telah memiliki 500 juta pengguna dari seluruh dunia. Baik produksi film ini maupun kisah sebenarnya pendirian Facebook itu sama-sama menyimpan polemik dan ironi.

Comments


EmoticonEmoticon