input license here

Sinopsis Film Tanda Tanya "?" (2011)

Sinopsis film ? (2011)

Judul
Tanda Tanya
Tayang
7 April 2011
Durasi
1 jam 40 menit
Sutradara
Hanung Bramantyo
Pemain
Reza Rahadian, Revalina S. Temat, Agus Kuncoro
Genre
Drama
IMDb Rating
7,1/10 (189)
Trailer

Sinopsis #1 film Tanda Tanya ? (2011)

DbFilm.web.id - Film dibuka dengan simbol-simbol berbagai agama. Lalu, penonton diajak ke lanskap sosial berlatar Jawa dengan segala keragaman etnis dan agama. Ada masjid, gereja, kelenteng lengkap dengan sekelumit ritualnya. Ada rumah makan penyaji masakan China, milik Tan Kat Sun (Hengky Sulaiman) yang mempekerjakan perempuan Jawa berjilbab, taat beribadah. Warung pak Tan memang bukan menjadi panggung utama film. Namun, setiap tokoh terkait dengan keberadaan warung China ini.

Menuk, diperankan oleh Revalina S Temat, perempuan berjilbab itu bekerja di rumah makan penyaji menu yang diharamkan. Ia tekun bekerja karena pemilik resto yang pemeluk Konghucu/Buddha sangat toleran dan menghormati pemeluk agama lain.

Tan Kat Sun memang sangat memahami kondisi sosial di sekitarnya. Ia, misalnya, memisahkan antara peranti dapur yang digunakan untuk makanan halal dan haram. Ia memberi libur Lebaran cukup kepada karyawan yang merayakannya.

Ping Hen alias Hendro (Rio Dewanto) anak Tan Kat Sun, mempunyai orientasi bisnis yang berbeda dengan ayahnya. Ia tidak mempertimbangkan aspek sosial seperti ayahnya. Sikapnya itu menuai akibat, yaitu restonya diamuk massa. Namun, amuk tersebut juga menjadi solusi bagi Hendra menjadi lebih peka.

Hendra mencintai Menuk, tetapi Menuk memilih Soleh (Reza Rahadian), lelaki penganggur yang seiman. Soleh menjadi anggota Banser dan suatu kali mendapat tugas menjaga perayaan Natal. Ia sempat menolak mengamankan gereja karena menganggap itu bertentangan dengan agamanya. Namun, ia mendapat semacam pencerahan dari teman-temannya sesama anggota Banser. SOleh bahkan kemudian menjadi pahlawan yang menyelamatkan gereja dari ledakan bom.

Rika (Endhita) adalah janda yang berpindah agama. Rika sering mendapat cemoohan dari orang-orang, tetapi ia teguh pada pilihannya karena baginya agama adalah urusan pribadi. Adapun Abi, anak tunggalnya, dibebaskan menganut agama yang pernah dianut sang ibu. Didekati oleh Doni (Glen Fredly) pria seiman, Rika memilih pria lain yang berbeda agama. Orang tua Rika bahkan bisa menerima pilihan anaknya.

Surya (Agus Kuncoro) adalah aktor yang hanya mendapat peran figuran. Suatu kali ia mendapat peran utama dalam drama sandiwara Paskah dan Natal. Ia merasa jengah karena merasa bukan seorang pemeluk Nasrani. Akan tetapi, oleh seorang ustad ia mendapat penguatan untuk menjalani profesinya sebagai aktor, termasuk harus tampil di gereja.




Sinopsis #2 film Tanda Tanya "?" (2011)


DbFilm.web.id - "Terkadang saya mikir, saya di dunia cuma numpang lewat doang." adalah sepenggal dialog dari Surya (Agus Kuncoro) yang merasa kalau hidupnya di dunia tidak ada perubahan, yang sebenarnya bisa menggambarkan film Tanda Tanya (?) secara keseluruhan. Film ini menceritakan bagaimana sebenarnya toleransi beragama yang baik. Film ini menentang adanya diskriminasi agama yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia.

Film Tanda Tanya (?) menceritakan tentang Menuk (Revalina S. Temat) yang bekerja di restoran makanan Cina milik Tan Kat Sun (Hengky Sulaiman) yang menyediakan makanan tidak halal. Namun, toleransi Tan Kat Sun terhadap umat Muslim sangat tinggi. Bagi muslim yang makan di restorannya, seluruh peralatan masak dipisahkan dengan alat untuk memasak daging babi. Begitu pun ketika saat waktu salat, Tan Kat Sun menyuruh pegawainya untuk segera salat.

Menuk dan Soleh (Reza Rahadian) adalah keluarga yang taat beragama.

Hubungan antara Menuk dan bosnya sangat harmonis. Sampai akhirnya kepemilikan restoran harus pindah ke tangan anak tunggal Tan Kat Sun, Hendra (Rio Dewanto). Semua kebijakan yang sudah dibangun ayahnya dibantah oleh Hendro karena menrutnya hal itulah yang membuat restorannya sepi. Hal ini membuat warga sekitar tidak terima dan menghancurkan restoran milik Tan Kat Sun.

Konflik dalam film Tanda Tanya (?) tidak hanya berkisar antara Menuk, Tan Kat Sun, dan Hendra, tetapi juga beberapa masalah yang datang dari pemeran lain yang nantinya akan berkesinambungan pada akhir cerita. Apa saja konflik yang dihadirkan dalam film karya sutradara "Ayat-Ayat Cinta", Hanung Bramantyo ini?

Helmi Fauziridwan
Aku adalah seorang blogger dari Bandung, Indonesia, yang ingin berbagi inspirasi dengan sobat-sobat di seluruh dunia.
SHARE

Related Posts

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar