Sinopsis Film Bumi Manusia (2019) - Database Film TV & Bioskop

Minggu, 15 Agustus 2021

Sinopsis Film Bumi Manusia (2019)

Sinopsis film Bumi Manusia (2019)

Judul
Bumi Manusia
Tayang
15 Agustus 2019
Durasi
3 jam 1 menit
Sutradara
Hanung Bramantyo
Pemain
Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha Ine Febriyanti
Genre
Drama | Sejarah
IMDb Rating
6.6/10 (645)
Trailer

Sinopsis film Bumi Manusia (2019)

DbFilm.web.id - Film "Bumi Manusia" diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Cerita "Bumi Manusia" merupakan babak pertama Tetralogi Pulau Buru itu berkisar di antara Minke (diperankan oleh Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan), Annelies Mellema (Mawar Eva de Jongh), dan Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti). Ketika itu, Minke merupakan wujud seorang pribumi yang melawan lewat tulisan dan kecerdasan intelektual. Dengan latar belakang saat Belanda masih menduduki Indonesia, Minke berupaya mencari keadilan untuk diri dan lingkungannya.

Sebagai pribumi, Minke memiliki peluang untuk bersekolah di HBS karena ayahnya seorang bupati. Di sekolah, Minke menjadi minoritas di antara anak-anak Belanda dan anak campuran Belanda-Indonesia. Statusnya sebagai pribumi kerap membuat dia diperlakukan tidak adil. Namun, Minke tidak pernah menyerah.

Suatu ketika, takdir mempertemukan dia dengan Annelies. Annelies merupakan putri dari Nyai Ontosoroh dan Herman Mellema (Peter Sterk), serta adik dari Robert Mellema (Giorgino Abraham). Nyai Ontosoroh adalah gundik dari Herman. Seperti Minke, sebagai pribumi yang dilabeli status gundik, Nyai Ontosoroh adalah sosok yang berani dan pintar. Sebagai ibu, dia sangat menyayangi Ann.

Sejak awal pertemuan Nyai Ontosoroh dengan Minke, dia tahu, Minke adalah lelaki yang akan membahagiakan Ann. Di mata Nyai Ontosoroh, Minke adalah pemuda cerdas dan pemberani. Untuk itulah, Nyai Ontosoroh sudah memberikan restu kepada Minke untuk mendekati Ann.

Perjalanan hidup Minke, Annelies, dan Nyai Ontosoroh berliku. Diskriminasi karena ras serta status yang melekat membuat Nyai Ontosoroh mendapat banyak masalah. Puncaknya adalah ketika Herman dibunuh di rumah bordil. Di peristiwa itu, setelah Herman tewas, Robert pun kabur.

Tragedi nahas itu membawa Nyai Ontosoroh harus menghadapi pengadilan Eropa. Tentu saja, banyak ketidakadilan untuk Ontosoroh yang dianggap hanya gundik. Peran Minke menjadi penyambung permasalahan Ontosoroh dengan menuliskannya di surat kabar.

Permasalahan lain muncul ketika anak Herman, Maurits Mellema (Robert Alexander Prein) menuntut kekayaan ayahnya. Sebagai istri yang tak pernah dinikahi dengan sah, Ontosoroh tidak memiliki hak apa pun terhadap harta Herman. Pedihnya lagi, Ontosoroh bahkan tidak punya hak terhadap anaknya, Annelies. Pengadilan Eropa memutuskan Annelies harus dibawa ke Belanda.

Comments


EmoticonEmoticon