Sinopsis Film Kartini (2017) Lengkap & Trailer, Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian Movie

Sinopsis film Kartini (2017)

Judul
Kartini
Tayang
19 April 2017
Durasi
2 jam 2 menit
Sutradara
Pemain
Genre
IMDb Rating
7,6 / 10 (522)
Trailer

Sinopsis film Kartini (2017)

DbFilm.web.id - Alur yang ditampilkan dalam film "Kartini" ini bergerak maju dan mundur. Layar dibuka ketika Kartini (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) hendak dijodohkan dengan Bupati Rembang, KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat (Dwi Sasono). Dari situ, cerita dilanjutkan ke masa kecil Kartini sebagai putri dari Bupati Jepara, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Deddy Sutomo).

Sejak kecil Kartini memang dikenal sebagai pemberontak. Dia tak segan melawan kakak-kakaknya ketika hendak dipisah kamar dari ibu kandungnya, MA Ngasirah dan menolak dipanggil ndoro ayu oleh sang ibu. Sosok Ngasirah ini diperankan oleh Nova Eliza ketika Kartini masih kecil dan diganti oleh Christine Hakim ketika Kartini dewasa.

Sebagai istri pertama tetapi bukan yang utama, Ngasirah memang tidak bisa tinggal bersama Kartini yang harus tinggal di pendopo ketika beranjak menjadi seorang putri. Pasalnya, aturan saat itu mengharuskan seorang Raden Ajeng tinggal di pendopo bersama Raden Ayu. Sementara itu, Ngasirah bukan bangsawan tulen dan hanya berstatus selir. Alasan ini pula yang membuat Adipati Ario Sosroningrat menikah lagi dengan Raden Ajeng Woerjan.

Jerat adat yang membelenggu perempuan memang menjadi benang merah utama dari film ini. Setelah harus "dipisahkan" dengan sang ibu ketika menjadi Raden Ajeng, Kartini juga harus merasakan  pengalaman tak mengenakkan ketika ia memasuki masa pingitan. Masa-masa ketika seorang perempuan harus belajar menjadi seorang "perempuan seutuhnya" sambil menunggu bangsawan lain datang untuk meminang.

Kartini nyatanya tidak bisa melewati masa-masa ini. Dia seperti seekor burung cantik yang harus berdiam diri di dalam sangkar emas pendopo. Secercah harapan muncul ketika sang kakak, Sosrokartono (Reza Rahadian) menawarkan kunci untuk keluar dari pingitan. Dari sini proses pencarian wawasan Kartini pun dimulai.

Helmi Fauziridwan

I am a Blogger who wants to share inspiration to people.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama