Sinopsis Dokumenter Banda: The Dark Forgotten Trail (2017) & Trailer, Sejarah Kelam Pulau Banda Movie

Sinopsis film Banda: The Dark Forgotten Trail (2017)

Judul
Banda: The Dark Forgotten Trail
Tayang
3 Agustus 2017
Durasi
1 jam 34 menit
Sutradara
Jay Subiakto
Narator
Ario Bayu, Reza Rahadian
Genre
IMDb Rating
7.4/10 (115)
Trailer

Sinopsis film Banda: The Dark Forgotten Trail (2017)

DbFilm.web.id - Melalui film dokumenter "Banda: The Dark Forgotten Trail" ini, penonton diajak menengok sejarah yang mungkin terlupakan tentang pulau yang dulu menjadi incaran penguasa dari berbagai belahan dunia. 

Lewat narasi dan paparan narasumber, diceritakan Banda yang awalnya hidup sejahtera, berdagang rempah dengan pedagang dari Arab dan Tiongkok, mulai berubah ketika VOC menemukan pulau tersebut pada tahun 1600-an. Pendatang baru itu memonopoli perdagangan rempah pala (yang pada masa itu sangat berharga) dan juga melakukan pembantaian massal sampai-sampai masyarakat Banda yang tadinya berjumlah belasan ribu tersisa sekitar seribu orang.

Tidak hanya sejarah kelam, diceritakan kalau Banda juga mempunyai peran penting dalam sejarah kemerdekaan, di mana beberapa tokoh nasional pernah diasingkan di sana yaitu Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Dr. Tjipto Mangunkusumo, dan Iwa Kusumasumantri. Di pulau inilah pemikiran-pemikiran tentang kebangsaan lahir.

Cerita sejarah ini tidak membuat jenuh karena dipandu narasi sangat apik yang dibacakan Reza Rahadian. Selain itu, sinematografi film dokumenter ini sangat bagus karena digarap sinematografer terkenal seperti Rahmat Syaiful, Davy Linggar, dan Oscar  Motuloh. Pemandangan Pulau Banda mulai dari kebun-kebun pala, benteng bekas Belanda, sampai keindahan pantainya bisa penonton nikmati, ditambah ilustrasi-ilustrasi dan animasi yang semakin menguatkan jalan ceritanya.

Helmi Fauziridwan

I am a Blogger who wants to share inspiration to people.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama