Sinopsis Film Soegija (2012)

Sinopsis film Soegija (2012)

Judul
Soegija
Tayang
7 Juni 2012
Durasi
1 jam 55 menit
Sutradara
Garin Nugroho
Pemain
Nirwan Dewanto, Annisa Hertami Kusumastuti, Wouter Braaf
Genre
IMDb Rating
6,5/10 (131)
Trailer

Sinopsis film Soegija (2012)

DbFilm.web.id - Walaupun film "Soegija" merupakan film biografi seorang uskup Katolik, tetapi ini bukan film religius. Film ini tentang kemanusiaan, membangun semangat nasionalisme, dan menggambarkan kekejaman perang.

"Soegija" merupakan kisah terpecahnya keluarga besar manusia. Soegija (diperankan oleh Nirwan Dewanto) ingin menyatukan kembali kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yang sudah terkoyak oleh kekerasan perang dan kematian.

Ketika Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942, Mariyem (Annisa Hertami) terpisah dari Maryono (Muhammad Abbe) kakaknya. Ada juga Lingling (Andrea Reva) terpisah dari sang ibu (Olga Lydia).

Perpisahan ini tidak hanya dialami oleh orang-orang yang terjajah, tetapi juga mereka yang menjajah. Serdadu Jepang, Nobuzuki (Nobuyuki Suzuki), tidak pernah tega terhadap anak-anak karena ia juga punya anak yang selalu ia rindukan di Jepang. Robert (Wouter Zweers), seorang serdadu Belanda yang merasa menjadi mesin perang hebat, hatinya tersentuh oleh bayi yang ia temukan di medan perang yang membuat ia merindukan ibunya, bukan negaranya. Sementara itu, bagi Hendrick (Wouter Braaf), perang membuat dia tak bisa memiliki cinta yang dia temukan.

Dengan cerita yang tersusun seperti mozaik ini, pada akhirnya penonton akan merenung dan berpikir, apakah sosok seperti Soegija masih ada pada masa kini?

Melalui film "Soegija", mata kita akan terbuka, betapa perang telah membuat frustrasi dan menyengsarakan banyak pihak. Tak peduli yang dijajah atau menjadi penjajah, perang telah membuat hidup terkungkung dalam kesedihan dan penderitaan.

Helmi Fauziridwan

I am a Blogger who wants to share inspiration to people.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama